Skip to main content

Game Juragan Hotel dan Kegokilan di Belakangnya

Udah satu bulan saya bekerja di indie game developer yang berbasis di Jakarta. Ini pertama kalinya bagi saya memasuki dunia pembuatan game, khususnya game mobile. Rasanya seru dan keren banget.

Seru karena suasana kantornya gak pernah hening, alias tiap beberapa menit sekali pasti ada yang mencoba meluapkan emosinya soal pekerjaan. Hingga bukan hal yang aneh lagi bagi kami mendapati orang yang tiba-tiba nyanyi gak jelas (dan terdengar seperti kucing mau kawin) ketika suasana kerja lagi khusyu-khusyunya.

Sedangkan keren karena kalau ditanya orang “kerja di mana?” saya bisa jawab dengan penuh percaya diri, ” di game studio”. Dan biasanya ada 2 respon yang saya dapat setelah itu.

1. Wih, keren!

2. Kerja lu main game doang?

Bodo amat.

Kehadiran saya di kantor ini bertepatan dengan pembuatan game baru yang bernama Juragan Hotel. Game simulasi yang memberikan kita kesempatan menjadi pengusaha kelas atas. Membangun gedung sendiri untuk kemudian diisi dengan berbagai model bisnis yang menjanjikan, seperti: Apartemen, Hiburan, Restoran, Jasa, Ritel, Kreatif Studio, dan lain-lain.

Kabar baik untuk kalian yang butuh alternatif game selain perang-perangan atau adu ketangkasan. Dan kabar buruk untuk kalian yang berpikiran mesum, game ini tidak diprogram untuk bisa memasukan cabe-cabean ataupun lawan jenis yang belum halal.

Yang saya cukup suka dari game ini ialah konsep desain yang banyak memuat unsur khas Indonesia. Misalnya untuk bisnis Restoran, ada rumah makan padang, pecel lele, dan warteg; Apartemen, ada tema Betawi dan Jawa. Karakternya ada yang mengenakan baju adat Betawi, Jawa, Madura, Padang, dan Bali. Gak ketinggalan pahlawan super seperti Gatot Kaca dan Hanoman. Yang paling ekstrim, ada karakter kuntilanak juga!

Yang gak kalah menarik bagi saya adalah fitur-fiturnya. Di antaranya:

Gem gratis, misi spesial, daily reward, dan karakter VIP (punya spesialisasi khusus).

Nah, ini wujud karakter VIP-nya:

Spesialisasi mereka beda-beda, tapi tetap gak akan ada yang bisa bantu kamu meluluhkan hati gebetan. Tugas mereka membantu pembangunan hotel, bukan mahligai rumah tanggamu.

Game ini dari pertama kali dibuat sampai rilis secara resmi di Google Play memakan waktu kurang lebih 2 bulan. Dan meskipun saya cuma merasakan satu bulannya, rasanya tetap penuh perjuangan.

Ada kejadian menarik sekaligus memprihatinkan dalam pembuatan game ini. Yaitu teman saya yang berperan sebagai Programmer, mengalami sakit mata sampai 2 kali dalam sebulan. Saking fokusnya sama kerjaan. Tapi syukurnya sekarang dia udah sehat dan bisa coding lagi tanpa kendala.

Oiya, seperti yang saya bilang tadi, game ini udah resmi rilis di Google Play. Kalian bisa mendownloadnya secara cuma-cuma alias gratis. Kalau malas buka Google Play, langsung aja klik link ini: Juragan Hotel. Atau boleh tonton dulu video trailernya di sini:

Pengguna iOS dimohon bersabar, game Juragan Hotel akan segera mendarat di AppStore secepatnya. Dengan catatan, mata programmernya gak sakit lagi. Hehe.

Kalau ada dari teman-teman yang udah main dan mau kasih kritik dan saran jangan sungkan-sungkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Atau bisa langsung di halaman game Juragan Hotel di Google Play. Kami sangat menerima pendapat yang jujur demi kebaikan game kami ke depannya.

Menurut saya pribadi game ini bukan cuma untuk kesenangan semata. Tapi juga menjadi sebuah pembelajaran bagi para pemainnya untuk berusaha dan kerja keras dalam mengejar impian. Melatih kita untuk mengelola keuangan, bersabar, dan berlaku adil pada semua orang.

Saya berharap game ini membawa dampak baik pada para pemainnya, dan tentunya makin menumbuhkan kecintaan pada budaya Indonesia yang beragam.

Kayaknya itu aja yang bisa saya bagikan kali ini. Dan kalau ke depannya ada cerita menarik lagi seputar game development saya bakal bagikan lagi sama teman-teman semua.

Support terus game karya anak bangsa!

Happy gaming!

5 thoughts on “Game Juragan Hotel dan Kegokilan di Belakangnya

  1. HAHAHAHA BIKIN NGAKAK INI NJIR. MAHLIGAI RUMAH TANGGAMU PALELU BONYOK! SEGALA ADA KABAR BURUK BUAT YANG BERPIKIRAN MESUM SEGALA. TATA ANJIR EMANG.

    Waaaah keren kerjaannya, Ta. Suasana kerjanya juga menyenangkan gitu yak. Dan gamenya udah selesai. Yuhuuuu~ Btw kalau udah sibuk kerja gitu, masih suka nginep di Depok nggak? Ehehehe.

  2. Wqwq. Lagian banyak kok yang kerjanya main game doang. PewDiePie itu termasuk main game doang. Ya, Youtuber, sih, jatuhnya. 😀

    Semoga matanya gak kambuh lagi ya buat si Programmer! Aamiin. Saya kan pengin cobain juga di aipon. 🙁

  3. Udah sempet beberapa kali liat fotonay di twitter kalo ga salah deh. Hehehe. Eh nanya dong. Kalo untuk perijinan ke apps store itu butuh waktu berapa lama sih sampe di approve?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *