Skip to main content

3 Fitur Instagram Paling Bermanfaat untuk Umat Manusia

Belakangan ini perkembangan Instagram makin liar. Gak cuma untuk berbagi gambar dan video biasa, sekarang Instagram juga memiliki fitur Stories, di mana kita bisa ‘bercerita’ lewat gambar atau video singkat dalam wujud slideshow dan akan hilang dalam 24 jam. Pengguna Snapchat mungkin gak asing lagi dengan konsep ini.

Yang paling baru, Instagram akan segera merilis Live Stories. Fitur yang memungkinkan kita untuk siaran video secara langsung dan bisa direspon oleh pengguna lain. Lagi-lagi, fitur ini mirip dengan yang ada di Snapchat.

Tapi, sayangnya, saya gak memiliki ketertarikan khusus pada 2 fitur tersebut, dan bukan itu yang ingin saya bahas. Justru yang membuat saya beruntung sebagai pengguna Instagram ialah adanya 3 fitur berikut ini:

1. Hashtag

Instagram memang bukan satu-satunya media sosial yang mempunyai fitur #hashtag, tapi adanya fitur ini mampu membuat gambar atau foto saya mendapat lebih banyak respons dari warga dunia Instagram, baik berupa Like maupun Comment. Sungguh pengalaman yang belum saya dapatkan dari media sosial lainnya.

Untuk para pedagang online, fitur ini bisa membuat produk mereka menjangkau pasar yang lebih luas, tergantung seberapa banyak hashtag yang digunakannya. Sialnya, beberapa pedagang online terlalu rakus menjangkau pasar sampai-sampai hashtag yang digunakan enggak lagi relevan dengan produk yang ditawarkan.

Saya kaget waktu buka #arieltatum tapi yang muncul malah gambar cincin tengkorak. Pertanyaan yang terbesit dalam otak saya adalah: Sejak kapan Ariel Tatum mendalami praktik perdukunan?

ss2

Lebih jauh lagi, hashtag bisa membuat kita mendapat pekerjaan. Contoh umumnya adalah fotografer, illustrator, dan desainer grafis. Karya yang mereka tampilkan di akunnya bisa jadi portofolio yang membantu calon klien dalam menentukan pihak yang akan diajak kerjasama. Bahkan, ada beberapa akun di Instagram yang khusus memposting info soal lowongan kerja.

Saya juga biasa menggunakan hashtag untuk jasa vector yang sedang saya jalankan. Dan alhamdulillah banyak juga pelanggan yang datang dari Instagram.

2. Business Profile

Fitur ini mengubah akun biasa menjadi akun bisnis. Maksudnya, akun kita akan memiliki beberapa fitur tambahan yang bisa digunakan untuk kepentingan bisnis. Gak tanggung-tanggung, fiturnya cukup lengkap. Mulai dari presentase followers antara laki-laki dan perempuan, rentang umur mereka, lokasi mereka tinggal, postingan yang paling banyak dilihat orang, sampai berapa kali profilmu dilihat orang.

Untuk dapat menggunakan fitur ini caranya cukup mudah. Kita hanya perlu menghubungkan akun Instagram yang ingin digunakan dengan Facebook Page yang kita punya.

Caranya:

1. Buka profil kamu, lalu klik titik 3 di kanan atas:

ss3

2. Pilih ‘Switch to Business Profile’ atau ‘Beralih ke Profil Bisnis’

ss4

3. Ikuti langkah selanjutnya sampai selesai

 

Kalau belum punya Facebook Page gimana?

Ya bikin dulu dong, Manis. Tutorialnya bisa liat di sini: Cara Membuat Facebook Page.

3. Posts You’ve Liked

Sejujurnya, fitur terakhir inilah yang mendorong saya untuk membuat postingan ini. Pasalnya, saya baru mengalami kejadian kampret yang akan membuat malu sampai ke ubun-ubun andai saja gak ada fitur ini.

Jadi beberapa waktu lalu saya kumpul sama beberapa teman di rumah salah satu dari mereka. Gak ada topik khusus yang direncanakan sehingga obrolannya random ke sana ke mari. Lalu, pada satu kesempatan seorang teman meminjam handphone saya untuk menunjukkan sebuah akun Instagram yang katanya gambarnya bagus-bagus.

Memang dasar anaknya gampang penasaran, saya kasih lah handphone itu ke dia. Selang beberapa detik kemudian dia menunjukkan akun yang tadi dia maksud. Dan, Waw! Benar, gambarnya bagus-bagus. Kemudian dia pinjam lagi untuk menunjukkan akun lainnya. Saya percaya, maka saya kasih lagi.

Kali ini dia memegang handphone saya lebih lama, dan setelah beberapa menit menunggu akhirnya saya tagih juga.

“Mana?”

“Yah, udah gak ada akunnya. Nih…” katanya sambil menyerahkan handphone saya.

Penonton kecewa, saudara-saudara. Tapi mau gimana lagi, ya sudahlah.

Selang beberapa saat kemudian teman saya yang lain heboh. “Wah, ketauan lu ta! Nge-like foto-foto beginian…”

“Foto apaan?” tanya saya, bingung.

“Nih!” Ia menunjukkan layar handphone-nya ke saya, dan saya dapati tulisan yang berbunyi “anjihad menyukai 4 post”.

Kalian tahu post apa yang saya sukai itu? Foto-foto ‘dewasa’!

KAMPRET!

Tawa pun pecah dari teman yang tadi pinjam handphone saya. Gak butuh waktu lama untuk disusul oleh yang lainnya.

Saya sih gak heran sama kelakuan teman saya itu, dia memang kalau main bawa otak cuma sebelah. Masalahnya, kalau followers saya yang-sejatinya-gabungan-teman-dan-keluarga tahu soal hal itu. Bisa rusak reputasi saya sebagai anak baik yang suka menabung. Mungkin di mata mereka saya akan berubah menjadi anak boros yang suka mesum. Astaga…

Untungnya, saya ingat ada fitur Instagram yang bisa cek lagi gambar-gambar yang kita sukai. Maka saya langsung buka itu dan dislike foto-foto tadi. Beres deh. Yang belum beres tinggal kelakuan teman saya.

Cara menemukan fitur itu gampang kok. Klik titik 3 di kanan atas pada bagian profil, terus klik ‘Posts You’ve Liked’ atau bahasa Indonesia-nya ‘Kiriman yang Anda Sukai’. Tinggal pilih deh post mana yang mau di-dislike.

ss3 ss1

 

Ya, itu tadi fitur Instagram yang sangat berguna menurut saya. Semoga bermanfaat buat semuanya. Dan pesan Bang Napi cuma satu: Waspadalah! Waspadalah!

24 thoughts on “3 Fitur Instagram Paling Bermanfaat untuk Umat Manusia

  1. Di dislike apa di cek lagi akunnya, Ta? Jujurlaaah hahaha

    Aku juga suka hesteeek! Beli barang, cari tempat, cari apapun semua adaaaa hahaha leuv hestek igeh~

  2. Wahaahah. Syukurnya gue gak pernah like yang gak bener gitu. Kalo like cewek-cewek cantik dan bening, sih, pernah. Apalagi UIcantik. Bikin lemez (sengaja pake z biar jos).

    Gue malah hampir gak pernah pake hestek lagi nih, Ta. Gak tau kenapa gak begitu ngaruh, sih. Yang like malahan bule. Gak mungkin juga bule itu mesen desain ala kadarnya dari gue. 🙁

  3. Jujur aja nih, Ta. Pas lihat judul postingan ini, saya udah menduga-duga bakalan ada poin Posts You’ve Liked. Soalnya saya sepakat, fitur ini bener-bener penting banget.

    Bahkan setiap kali buka Instagram, saya selalu nyempetin ngebuka tab itu. Takut ada foto yang gak sengaja ke-like. Ha ha. Soalnya saya…………………………………sering lihat akun si dia.

  4. Ta, sekarang kamu pake kata ganti “Saya,” ya? Makin keren deh~

    Btw aku udah nggak main Instagram lagi. Palingan buka IG pas ada yang nge-tag atau ada temen yang main Insta story trus ada akunya nongol di situ. Huhuhu. Tapi poin yang ketiga itu related sama aku juga sih. Cuman bedanya aku nggak nge-love foto-foto dewasa. JADI, AKU BUKAN ANAK MESUM BOROS TISU KAYAK TATA. BAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.

    1. Apa kerennya Cha cuma ganti kata ganti? -_-

      Mungkin emang enggak love foto dewasa, tapi love film dewasa kan Cha? Ngaku!

  5. Cara make hestek yang bener itu gimana sih? Gue malah suka liat orang aplot foto muka gitu tapi hesteknya #naruto #instadaily #tampan #abg #vsco #likeforlike #love

    Tolong ajari saya supaya kelak tidak menggunakan hestek yang aneh-aneh guru.

    1. Mungkin mukanya emang mirip Naruto tampan pas masih ABG, Di.

      Tipsnya satu: jangan mabok. Biar foto sama hesteknya logis.

  6. Hahahh, gila. Untungnya ada fitur Posts You’ve Liked di instagram ya ta’. Jadi nggk ketahuan…klo ketahuan habislah riwaayat hidupmu, hahahh.

    Smakin hari, fitur2 di instagram semakin berkembang ya…dan secara gk sadar, ukuran file nya juga semakin bertambah, T_T buat smartphone yg pas2an, tidak drekomendasikan buat nge-upgrade secanggih2nya aplikasi yg ada. Sperti instagram ini T_T

    1. Nah itu! Filenya jadi bengkak banget, bahkan saya terpaksa uninstal beberapa app demi update versi terbarunya -___-

  7. Gue juga suka sama fitur yang post you’ve liked. Bikin lebih gampang pas lagi ngasih unjuk postingan ke temen, gak perlu nyari ulang lagi. Apalagi kalau lupa akunnya apa. Hahahaha.

  8. Ada lagi tau ta..

    “Clear search history”
    Buat para lelaki atau wanita yang udah keopin ig mantan, lalu takut ketauan sama pacarnya yang sekarang.
    Haha

  9. asli ya. pertama kali liat nama yng komentar di postingan “pentingnya tanda tangan digital” namanya “pedagang kaki robot” kirain spam -_- padahal udah di moderate malah ke approve semua komentarnya dan hampir aja ngeklik spam :)))
    TERNYATA YG PUNYA BUKAN SPAM :))

    POIN 1 2 SETUJU. POIN 3 LEBIH SETUJU LAGI. ada pasangan yang suka berantem gegara ngelike postingan “anuan” hih! APALAGI NGELIKE FOTO MANTAN.

  10. Aku kadang pas nulis kepsyen mau nyertain hestek juga. Tapi keburu bingung mau nulis hestek apaan:(
    YHAA

    Hmm aku ga percaya kamu dislike foto-foto di akun itu bang. Kayanya langsung follow akunnya deh.
    HAHAHHAAA AMPUN OM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *